Dasar Pemikiran

Bangkit Budaya ADILUHUNG dari akronim: Apresiatif, Dinamika Kreativitas, Inovatif, Lokal Genius, Unik, Humanitas, Universalitas, Naturalitas dan Globalitas.

Kebudayaan, Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa puncak-puncak budaya daerah sebagai hasil “cipta, rasa, karsa” merupakan satu kesatuan budaya Nusantara, dipandang sebagai pendekatan strategis.

Pembinaan dan pengembangan Pariwisata dengan basis budaya Nusantara merupakan sarana untuk mempertahankan harkat bangsa sekaligus meningkatkan kesejahteraan lahir-bathin masyarakat.

Indonesia sebagai zamrud katulistiwa memiliki corak dan ragam budaya dari 250 suku bangsa dan bahasa, tersebar di 17.000 pulau, sebagai modal dasar untuk mengangkat martabat dan citra bangsa

Permasalahan dasar bangsa : belum menganggap penting faktor kebudayaan sebagai sarana strategis untuk terapi kehidupan Bangsa dan Negara. Padahal “Bhineka Tunggal Ika” sebagai lambang Bangsa dan Negara lebih mudah diujudkan melalui bidang kebudayaan.

Perlunya satu langkah bersama dalam gerak pemikiran maupun tindakan dari insan budaya Indonesia untuk berhimpun dalam suatu Jaringan Masyarakat Budaya Nusantara.